Tips Unggul Bersaing Mencari Kerja

Persaingan dalam hal mencari perkerjaan kian hari kian ketat. Untuk dapat unggul dalam persaingan tersebut, anda harus memiliki nilai tambah (added values) yang mampu membuat anda tampil berbeda (unique) di antara kompetitor-kompetior anda. Tahapan seleksi penerimaan calon pegawai baru dalam sebuah perusahaan, pada dasarnya telah dimulai pada saat kita mengirimkan surat lamaran. Pada tahap tersebut, anda harus mampu menyingkirkan ribuan pelamar yang lain dengan ‘mengetuk pintu’ HRD agar memilih dan memanggil anda untuk melakukan tes selanjutnya. Berikut ini akan disampaikan 5 Tips unggul bersaing dengan kompetitor lain dalam mencari kerja :

1. Pendidikan. Sebelum melihat spesifikasi lain, hal yang pertama kali dilakukan HRD adalah melihat latar belakang pendidikan formal Anda, apakah telah sesuai dengan kebutuhan mereka (Job Requirements), baru kemudian asal perguruan tinggi dan Indeks Prestasi Anda. Memang sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa lulusan dari perguruan tinggi negeri terkemuka, akan mendapatkan perhatian khusus. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ijazah dari perguruan tinggi negeri terkemuka adalah mengikuti program pendidikan formal tambahan di perguruan tinggi negeri terkemuka dimaksud seperti program ekstension S1 (2-3 tahun) atau program S2 Magister (18 Bulan). Namun hal tersebut tidak mutlak, banyak faktor lain yang akan dipertimbangkan HRD.

2. Sertifikasi. Faktor lain yang akan dipertimbangkan HRD adalah sertifikasi khusus dalam bidang tertentu. Karena pemegang sertifikasi akan diakui secara internasional mengingat mekanisme untuk memperoleh Sertifikasi telah disesuaikan dengan standar internasional, misalnya CCNA (sertifikasi internasional dalam bidang jaringan komunikasi data dengan perangkat Cisco), MSCE (Sertikasi internasional dalam Penguasaan Produk Microsoft) atau CISA (sertifikasi internasional dalam bidang audit). Bahkan di negara-negara maju, pemegang sertifikasi international tersebut sudah memiliki standar salary tertentu, dengan mengabaikan pendidikan formal Anda.

3. Bahasa. Untuk memiliki nilai tambah dibandingkan pelamar lain maka “English is a Must“, artinya adalah setidaknya anda dapat menguasai satu bahasa asing yakni Bahasa Inggris secara aktif. Pada tahap penyaringan tersebut, HRD hanya dapat melihat kemampuan Anda tersebut memalui CV atau sertifikasi pelatihan yang anda lampirkan. Untuk itu tidak ada salahnya, anda memilih lembaga pelatihan Bahasa Inggris yang terpercaya dan memiliki standarisasi nasional/internasional, sehingga akan lebih menguatkan spesifikasi anda.

4. Pelatihan. Seperti diketahui bersama bahwa bangku kuliah saja tidak akan memberikan bekal amunisi yang cukup untuk bertempur dalam dunia kerja. Makin banyak pelatihan yang sejalan dengan kualifikasi anda,akan makin memudahkan langkah anda masuk dalam tahap seleksi selanjutnya.

5. Organisasi. Pengalaman berorganisasi di masa kuliah akan sangat berguna dalam menyelesaikan pekerjaan di tempat anda bekerja kelak. Karena dalam organisasi kampus anda dilatih secara informal untuk bekerjasama dengan rekan (team work), melakukan negosiasi (negotiate), mengelola kegiatan (management) maupun memimpin organisasi (leader). Oleh karenanya, hal ini dibutuhkan perusahaan, khususnya HRD untuk melihat sejauh mana kesiapan calon pegawainya masuk dalam dunia kerja. Karena faktanya, seorang mahasiswa dengan predikat cumlaude namun tanpa pengalaman organisasi, akan lebih sulit beradaptasi di lingkungan kerja, dibandingkan dengan mahasiswa ‘biasa-biasa’ dengan pengalaman organisasi. Sebagai contoh, HRD akan mempertimbangkan spesifikasi anda untuk lowongan perkerjaan geologist, ketika anda memiliki pengalaman organisasi/ekstrakurikuler di bidang pecinta alam/SAR. Singkat kata mahasiswa dengan pengalaman organisasi akan lebih luwes dan supel di lingkungan kerjanya.

Artikel diambil dari http://tipsanda.com

Copyright © 2008 - Seribu Cara - is proudly powered by Blogger
All Rights Reserved