Diterbitkan di: September 07, 2007
Salah satu nilai utama yang diharapkan pelanggan adalah
produk berkualitas. Pelanggan secara umum tidak lagi bersedia atau toleransi terhadap
kualitas yang biasa-biasa. Dampaknya, kebertahanan
bisnis dalam persaingan memerlukan pelaksanaan manajemen kualitas total. Manajemen kualitas total merupakan pendekatan bisnis secara komprehensif dan terus menerus memperbaiki kualitas semua proses, produk, dan service yang diberikan.
Kualitas memberikan garansi loyalitas
konsumen, pertahanan dan pertumbuhan profit. Akan tetapi, sebenarnya apa kualitas tersebut? Kualitas tidak lain kesesuaian dengan penggunaan. Seluruh fitur dan sifat produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Fungsi
pemasaran berpartisipasi dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang didesain untuk membantu bisnis. Dan juga fungsi pemasaran mesti memproduksi kualitas pemasaran. Setiap aktifitas pemasaran dilaksanakan dengan standarisasi yang tinggi. Sedangkan para marketer memainkan beberapa peran dalam membantu bisnis,
mereka mendefinisikan dan memberikan produk berkualitas pada pasar sasaran. Peranan yang pertama, mereka bertanggung jawab untuk secara benar mengidentifikasi kebutuhan dan tuntutan konsumen. Peranan kedua, ialah mengkomunikasikan harapan konsumen pada desainer produk. Ketiga, mereka memastikan permintaan dipenuhi secara benar dan tepat waktu. Keempat, memastikan semua instruksi, pelatihan, dan pertolongan teknis diberikan kepada konsumen. Kelima, tetap berhubungan dengan konsumen setelah penjualan terjadi. Keenam, mengumpulkan ide dan mengkomunikasikan kembali realisasi ide tersebut pada konsumen dan fungsi bisnis. Dalam kondisi enam peranan tersebut, dilakukan para marketer maka mereka telah berkontribusi terhadap manajemen kualitas total dan kepuasan konsumen, dan juga berkontribusi pada pencapaian profitabilitas bisnis. Marketer is full servicer.
Sumber
http://id.shvoong.com